Minggu, 16 November 2014

Jogging dan Berbagai Manfaatnya

jogging | manfaat jogging | lari pagiJogging merupakan olahraga yang mudah, sederhana, dan murah. Jogging atau lari pagi cukup efektif dalam meningkatkan kebugaran tubuh sepanjang hari serta dapat membakar lemak tubuh dengan efektif pula. Selain itu, jogging di pagi hari memberikan efek positif psikologis dan fisiologis tambahan, termasuk juga dalam menurunkan berat badan. Menurut Tom Venuto, seorang binaragawan dan pelatih kekuatan mengatakan bahwa olahraga pertama di pagi hari mampu membakar lemak dengan sangat efektif.
Hal ini terjadi karena persediaan karbohidrat habis ketika tidur semalaman. Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh, oleh sebab itu saat persediaannya menipis, sebagai gantinya jaringan lemak akan dibakar oleh tubuh sebagai bahan bakar ketika berolahraga. Asalkan anda terus berlari secara konstan dengan intensitas rendah hingga sedang, lemak akan dibakar oleh tubuh sebagai bahan bakar, sehingga sangat efektif dalam menurunkan berat badan.
Jogging juga merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan metabolisme. Karena ketika kita tidur, metabolisme tubuh akan melambat, sehingga jogging sangat bermanfaat untuk memulai meningkatkan metabolisme. Hal ini juga didasari oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang sudah terbiasa dan rutin melakukan jogging atau lari pagi mempunyai tingkat metabolisme yang lebih baik. Tidak hanya itu, jogging memberikan beberapa manfaat lainnya bagi tubuh, seperti yang dilansir livestrong.com berikut ini :
1. Membuat tubuh segar sepanjang hari
Dengan jogging, paru-paru tubuh akan terisi dengan udara segar sehingga memberikan kehidupan yang sehat bagi sel-sel darah di dalam tubuh, serta juga menciptakan koordinasi yang baik antara jiwa dan pikiran. Suasana hati akan menjadi lebih baik jika pikiran kita segar sehingga secara tidak langsung akan berkontribusi pada perbaikan kondisi kesehatan. Dan juga, gerakan tubuh dengan melibatkan semua otot dapat memperlancar sirkulasi darah.
2. Mengurangi Stres
Jogging di pagi hari juga bermanfaat dalam mengurangi stres jangka panjang dan membuat pikiran anda menjadi lebih rileks dan santai.
3. Memperbesar otot
Jogging di pagi hari juga berperan dalam memperbesar otot dan meningkatkan komposisi tubuh.
Itulah beberapa manfaat jogging bagi tubuh kita. Dengan jogging secara rutin akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar