Jumat, 07 November 2014

Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Sejak kecil mungkin anda pernah mendengar dengan yang namanya makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan 4 sehat 5 sempurna, slogan ini sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia dimana pencetus dari slogan tersebut adalah Prof. Poerwo Soedarmo yang lebih dikenal dengan bapak gigi Indonesia. Hidup sehat memang menjadi dambaan kita semua, karena itu sebaiknya memilih makanan sehat sebagai menu makanan setiap harinya.

Berikut beberapa komposisi menu makanan 4 sehat 5 sempurna, yaitu :

  1. Makanan pokok ; makanan pokok ini merupakan sumber energi bagi tubuh, karena itu sangat diperlukan tumbuh anda sekalian. Makanan pokok ini yang pasti kaya akan karbohidrat, seperti nasi, gandum, jagung, kentang, oat dan juga umbi-umbian.
  2. Lauk pauk ; Lauk pauk dibutuhkan sebagai sumber makanan pendamping dari makanan pokok dimana fungsinya sebagai sumber zat pembangunan bagi tubuh. Adapun makanan lauk pauk ini tentunya banyak memiliki sumber protein, diantaranya seperti daging, ikan, telur, tahu dan juga tempe.
  3. Sayur- sayuran ; Mengkonsumsi sayuran adalah bagian terpenting juga dimana sayuran ini mampu menjaga kesehtan, baik kesehtan dimasa pertumbuhan ataupun masa perkembangan, dan sayuran juga ternyata mampu menjaga daya tahan tubuh. Untuk memilih sayuran yang baik dan sehat, sebaiknya pilih sayuran dengan warna yang hijau dan segar. Adapun kandungan sayuran sendiri adalah kaya akan serat, vitamin dan juga protein nabati. Anda bisa konsumsi sayuran tersebut seperti bayam, tomat, brokoli, terong dan juga sayuran hijau lainnya.
  4. Buah-buahan ; Mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya ternyata mampu menjaga tubuh agar tetap bugar dan segar. Karena buah-buahan kaya akan mineral dan vitamin dan juga mampu menjaga kesehatan terutama pencernaan karena memiliki kandungan serat yang tinggi dan kandungan air.
  5. Susu ; Mengkonsumsi susu merupakan bagian untuk melengkapi makanan 4 sehat yang sudah dibahas diatas. Susu merupakan penyempurnaan bagi kesehatan tubuh.

Menu Makanan Sehat Bergizi Seimbang

Untuk menu makanan sehat harus memiliki nilai gizi seimbang dengan beberapa kandungan zat gizi yang disesuaikan dengan jumlah yang dibutuhkan bagi tubuh. Adapun pada prinsipnya makanan sehat bergizi tentunya diimbangi dengan keadaan aktivitas fisik kita sendiri, lalu menjaga tubuh tetap ideal dan juga yang terpenting adalah menjaga kebersihan adapun yang lainnya berupa dalam penyajian menu yang bervariasi. Kebutuhan tubuh harus mencakupi didalam penyajian menu makanan sehat, karena akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan juga perkembangan, selain itu juga tentunya sangat berpengaruh terhadap kecerdasan otak, karena itu makanan sehat diperlukan setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar